|

Talkshow di Women Radio


“Sosialisasi Pengarus Utamaan Gender dalam Pembangunan Infrastruktur PUPR”

 

Dalam rangka penyebarluasan informasi mengenai PUG PUPR, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR melalui Biro Komunikasi Publik mengadakan Talkshow di Women Radio dengan Tema “Pengarus Utamaan Gender dalam Pembangunan Infrastruktur PUPR” pada tanggal 30 Agustus 2017 .

Nara sumber pada acara tersebut dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat, serta   Asisten Deputi Bidang Kesetaraan Gender bidang Infrastruktur dan Lingkungan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

 

Adapun Topik yang dibahas adalah:

  • Pembangunan Infrastruktur apa saja yang menjadi tugas Kementerian PUPR.
  • Tim PUG PUPR mempunyai tugas apa saja.
  • Implementasi PUG di Kementerian PUPR.
  • Hal apa saja yang perlu ditingkatkan terkait PUG dalam pembangunan infrastruktur PUPR.
  • Berkat upaya keras Kementerian PUPR dalam PUG telah menerima penghargaan apa saja.

 

Apresiasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak diberikan kepada Kementerian PUPR atas komitmennya dalam membangun kelembagaan PUG nya dengan melibatkan setingkat Eselon satu sebagai Tim Pengarah dan Eselon dua penanggung jawab program dalam Tim Pelaksana  yang diketuai Kepala Biro Perencanaan Anggaran dan Kerjasama Luar Negeri.  Selain itu juga adanya Kelompok Kerja dan Unit Sekretariat,  yang  secara Tim keseluruhan tersebut dinilai cukup kompak dan  aktif untuk menggali isu kesenjangan gender pada seluruh Unit Organisasi  dan mengintegrasikan kebutuhan, tingkat kesulitan. dan aspirasi semua kelompok dalam penyelenggaraan pembangunan infrastrutur PUPR. Dengan demikian Kementerian PUPR juga dapat membuktikan bahwa pelaksanaan Pengarusutamaan Gender adalah lintas`sektor .

Sistim yang telah berjalan dalam kelembagaan pelaksanaan PUG tersebut oleh Kementerian PP dan PA sering dijadikan contoh success story  bagi Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam berbagai kesempatan

Pada tahun 2018 Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak berencana akan meningkatkan penghargaan kepada Kementerian PUPR atas keberhasilannya melaksanakan PUG bidang PUPR dari tingkat Mentor menjadi Driver. Diharapkan Kementerian PUPR dapat menjadi penggerak PUG untuk semua Kementerian. Saat ini baru 4 Kementerian yang menjadi Driver yaitu Kementerian PP dan PA, Kemendagri, Bappenas dan  Kementerian Keuangan.