|

Tantangan Penyelenggaraan Infrastruktur PUPR Menuju Lanjut Usia Yang Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat


Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Dunia Tahun 2017, Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat telah ikut bertpartisipasi dalam acara Seminar Nasional Kelanjutusiaan , yang diselenggarakan oleh Bappenas di Kantor BAPPENAS  pada tanggal 3 Oktober 2017.

 

Kementerian PUPR yang diwakili oleh Sekretaris Ditjen. Cipta Karya selaku Ketua Unit Sekretariat Tim Pengarusutamaan Gender PUPR telah menyampaikan materi paparan dengan tema/topic Tantangan infrastruktur dalam menjamin Lingkungan yang Ramah  lanjut Usia. Tantangan meliputi aspek kebijakan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.

 

Walaupun kebijakan nasional, bidang PUPR dan Daerah (misalnya Perda Bangunan Gedung) telah disusun dan disyahkan, namun belum semua kota/ kabupaten yang telah memiliki Perda belum tentu mengimplementasikan. Berdasarkan hasil uji petik lapangan di beberapa kota/ kabupaten, ternyata ketersediaan infrastruktur yang ramah lansia baru terwujud secara parsial  /belum merata di seluruh wilayah NKRI. Berarati masih banyak tantangan yang harus diselesaikan secara bersama dan terintegrasi antar sektor dan wilayah.

 

Harapannya, tulisan ini dapat mempromosikan dan menginspirasi semua pihak untuk bekerjasama menyusun program dalam mewujudkan ketersediaan infrastruktur yang mendukung kegiatan menuju lanjut usia yang mandiri, sejahtera dan bermantabat.