|

Kerja Bersama Meningkatkan Pelaksanaan PUG Antara Kementerian PUPR dengan Dinas PU Bina Marga Jawa Timur


Kerja Bersama Meningkatkan Pelaksanaan PUG

Antara Kementerian PUPR dengan Dinas PU Bina Marga Jawa Timur

 

Pada hari Selasa tanggal 6 Maret  2018 Dinas PU Bina Marga Jawa Timur  telah menyelenggarakan  Sosialisasi Pengarusutamaan Gender di lingkungan Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur di Hotel Garden Palace Surabaya. Hadir pada acara tersebut dari lingkungan Dinas PU Bina Marga Jawa Timur yaitu Sekretaris Dinas, Kabid Pengaturan dan Pengendalian , seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten/Kota yang berjumlah 80 orang,  Bappeda Provinsi Jatim,  Staf Ahli Menteri PU dan Perumahan Rakyat bidang Sosbud dan Peran Masyarakat (Ibu Baby Setyowati) sebagai narasumber,  Ibu Ineke Indrarini sebagai narasumber, ibu Umi Dayati dari Universita  Malang sebagai narasumber , ibu Lilla Noerhayati dari Unit Sekretariat Tim PUG- PU dan Perumahan Rakyat serta jajaran  Dinas PU Bina Marga terkait.

 

Tujuan Rapat adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang gender bidang iInfrastruktur PU dan Perumahan Rakyat, khususnya bidang Bina Marga     

 

Agenda Rapat adalah pemaparan dari nara sumber yaitu tentang :

 

  1. Motivasi Kesetaraan Gender dalam Pembangunan SDM , oleh Dr. Umi Dayati, MPd
  2. Gender dalam Bidang Infrastruktur dan PUG di Kementerian PUPR oleh Ir. Baby Setyowati MSi
  3. Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender  (PPRG) di Bidang  Bina Marga oleh Ir. Ineke Indrarini M.Eng.Sc.

 

Hasil pemaparan dari para nara sumber telah membuka wawasan dan pemahaman jajaran di Dinas`PU Bina Marga, terutama dalam meningkatkan informasi tentangisu gender bidang Bina Marga, yang selama ini masih terpaku pada isu proporsi laki-laki dan perempuan. Sementara itu kegiatan yang responsive gender bidang Bina Marga lebih luas yaitu a.l. : Menyediakan bangunan pelengkap jalan (trotoar, jembatan pejalan kaki) yang aksesibel; Ganti rugi pengadaan lahan yang memberikan akses informasi pada pihak istri dan keluarga; Pemeliharaan rutin jalan yang memberikan peluang pekerjaan pada perempuan, lansia, dan disabilitas; Penyusunan Norma, Standar, Pedoman, Kriteria; Kampanye pencegahan HIV Aid’s bagi pekerja konstruksi; Memberikan akses informasi dan partisipasi masyarakat dalam memberikan masukan kegiatan pembangunan jalan.melalui Forum .

 

Dengan meningkatnya pemahaman tentang isugender Bidang Bina Marga, maka akan sangat membantu Dinas PU Bina Marga dalam meningkatkan kegiatan yang lebih responsive dan bermanfaat  untuk kelompok-kelompok masyarakat laki-laki,perempuan, anak-anak, perempuan hamil, lansia, penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya,  yang dituangkan oleh masing-masing OPD dalam suatu Dokumen PPRG. Tenaga dari Perguruan Tinggi dan dari Kementerian  PUPR dapat mendampingi  penyusunan PPRG tersebut.

Hal tersebut juga akan membantu Pemerintah Jawa Timur dalam mempertahankanposisinya sebagai Mentor dalam pelaksanaan Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.