Perempuan Kuat, Turut Serta Ciptakan Lingkungan Bersih Dan Sehat


Program Sanitasi Perdesaan (SANDES) Padat Karya merupakan program pemberdayaan masyarakat yang sangat membutuhkan partisipasi masyarakat, terlepas dari perbedaan gender. Partisipasi kaum perempuan sangat tinggi terhadap pelaksanaan tahapan kegiatan program SANDES Padat karya, baik pada kegiatan rembuk warga maupun pada kegiatan konstruksi pembuatan bilik dan tangki septik.
 
Program Sanitasi Perdesaan (Sandes) Padat Karya yang membantu banyak keluarga di Desa Jorong Talang Babungo, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat membuat Ibu-ibu penduduk sekitar pun bersemangat untuk turut berkontribusi, pasalnya dengan adanya program tersebut memiliki MCK yang layak dan bersih bukan lagi hanya angan semata. Kini, Buang Air Besar tidak lagi harus berjalan jauh ke kebun.
 
Membantu proses kegiatan konstruksi, para ibu tangguh ini turut mengambil peran dalam pekerjaan mengangkat batako, mengaduk semen dan pasir, dan banyak kegiatan konstruksi lainnya. Hal yang memotivasi keikutsertaan mereka dalam membantu kegiatan konstruksi adalah rasa terimakasih terhadap pengadaan program Sandes Padat karya ini, serta rasa semangat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dengan memanfatkan sarana sanitasi yang terbangun.
 
Tak hanya itu, partisipasi kaum perempuan dalam program ini pun turut mendukung penerapan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), dimana sarana sanitasi yang layak merupakan kunci utama keberhasilan pembangunan lingkungan yang bersih dan sehat dan sangat erat kaitannya dengan peran keseharian perempuan. Harapannya, fasilitas sanitasi tersebut dapat menciptakan lingkungan bebas dari segala penyakit.
Sumber : sanitasi.ciptakarya.pu.go.id