BIMBINGAN TEKNIS PENYELENGGARAAN PUG BAGI K/L TEMATIK STUNTING


Salah satu agenda Prioritas Nasional dalam RPJMN 2020-2024 di bidang kesehatan adalah pengarusutamaan gender untuk pencegahan dan penanggulangan stunting yang dilaksanakan secara sinergi oleh Kementerian/Lembaga. Dalam rangka mendukung pelaksanaan Prioritas Nasional tersebut, Kementerian PPPA melalui Deputi Bidang Kesetaraan Gender bekerjasama dengan Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan PUG bagi K/L Tematik Stunting yang dilaksanakan pada tanggal 19-21 Juli 2022 di Kota Bogor.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk  memperkuat koordinasi antar Kementerian/Lembaga dalam upaya perecepatan pencegahan dan penanganan stunting , serta mendorong pengalokasian anggaran kegiatan stunting yang lebih komprehensif dan berperspektif gender. Harapannya, agar setiap Kementerian/Lembaga mampu mengidentifikasi peran yang menjadi tanggung jawabnya terkait stunting dan menetapkan rencana kegiatan yang responsif gender untuk menurunkan angka stunting di Indonesia serta menyusun rencana tindak lanjut berupa kesepakatan program dan kegiatan penurunan stunting di masing-masing Kementerian/Lembaga dengan menggunakan analisis gender.

Kementerian PUPR yang dalam hal ini diwakili Direktorat Sanitasi, Direktorat Air Minum, Inspektorat Jenderal serta Unit Sekretariat Tim PUG PUPR turut berpartisipasi aktif dalam pembahasan upaya pencegahan dan penanggulangan stunting melalui Perencanaan dan Penganggaran Stunting yang Responsif Gender. Sebagai tindak lanjut, masing - masing Kementerian/Lembaga akan melaksanakan penajaman Program/Kegiatan yang  ditagging terkait Gender dan Stunting yang dikoordinir oleh Bagian/Biro Perencanaan dan Anggaran terutama untuk mendukung di 12 lokus Stunting yaitu NTT, NTB, Aceh, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Jawa Barat , Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Banten dengan penyusunan Gender Analysis Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement (GBS).