SOSIALIASI KONVENSI HAK ANAK BAGI SDM PENGELOLA RUANG ASI


Dalam rangka melindungi dan memenuhi hak anak, setiap sumber daya manusia (SDM) yang berkaitan dengan anak perlu memiliki pemahaman yang baik mengenai Konvensi Hak Anak sebagai landasan dalam memberikan layanan yang kepentingan terbaik bagi anak. Sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman mengenai Konvensi Hak Anak (KHA), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak telah menyelenggarakan Sosialisasi Konvensi Hak Anak bagi SDM Pengelola Ruang ASI Tahun 2022 secara virtual melalui Zoom Meeting.

 

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh sekitar 398 peserta yang merupakan perwakilan dari Kementerian/Lembaga ditingkat pusat, Dinas PPPA di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota seluruh Indonesia serta Pengelola Ruang ASI pada Instansi Daerah dan Pengelola Ruang ASI pada Instansi Swasta, Perusahaan dan Masyarakat Umum. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman bagi SDM pengelola ruang ASI terkait perlindungan dan pemenuhan hak anak, salah satunya adalah pemenuhan hak anak atas air susu ibu (ASI) guna menciptakan kondisi sosial yang memfasilitasi praktik menyusui.

 

Peran masyarakat dalam perlindungan anak khususnya pemenuhan hak anak atas ASI diatur pada pasal 72, UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak serta Dukungan fasilitas Ruang ASI perkantoran maupun sarana umum merupakan implementasi dari pasal 128 UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan bahwasannya keluarga pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat harus mendukung secara penuh penyediaan waktu dan fasilitas khusus guna mewujudkan pemenuhan hak anak atas pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan. Persyaratan Ruang ASI diatur pada Pasal 11 Permenkes Nomor 15 Tahun 2013 tentang Tata Cara Penyediaan Fasilitas Khusus Ruang Menyusui Dan/Atau Memerah Air Susu Ibu. Sementara itu, Kementerian PUPR juga turut mendukung regulasi tersebut melalui peraturan Menteri PUPR Nomor 14/PRT/M/2017 tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung yang terdapat pada pasal 39.