Perempuan Dalam Pembangunan Infrastruktur Bidang PUPR di masa Pandemi Covid – 19


Dalam rangka mendukung Peringatan Hari Ibu pada tanggal 22 Desember 2021, Kementerian PUPR akan melaksanakan webinar dengan tema “Perempuan Dalam Pembangunan Infrastruktur Bidang PUPR di masa Pandemi Covid – 19”.

Penyelnggaraan webinar Perempuan dalam Pembangnan Infrastruktur PUPR di Masa Pandemi Covid-19  ini diselanggarakan pada tanggal 28 Desember 2021, Maksud dari penyelenggaraan ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengekspresikan peluang serta potensi peran perempuan dalam pembangunan infrastruktur bidang PUPR guna mendukung peringatan 93 tahun Hari Ibu. Adapun tujuan pelaksanaan webinar tersebut, antara lain:

  1. Mengangkat perjuangan perempuan Indonesia dalam pembangunan;
  2. Memberikan inspirasi bahwa perempuan Indonesia mempunnyai kompetensi dan inovasi untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju;
  3. Membangun kesadaran bahwa perempuan Indonesia telah berkontribusi aktif bersama– sama masyarakat untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan mandiri.

Peringatan Hari Ibu ke-93 Tahun 2021 merupakan peringatan bagi perempuan Indonesia untuk menunjukkan keberhasilan dan prestasi yang sudah diraih perempuan di seluruh negeri di berbagai bidang sebagai kontribusi aktif perempuan Indonesia dalam memajukan bangsa. Beragam prestasi hebat telah ditorehkan perempuan Indonesia baik itu di tingkat komunitas, lokal, regional, nasional, maupun internasional yang akan menjadi inspirasi bagi seluruh perempuan, generasi muda, dan masyarakat Indonesia. Harapannya, rangkaian kegiatan PHI ke-93 Tahun 2021 mampu mendorong perempuan Indonesia menjadi komponen bangsa yang inovatif dan kontributif memajukan bangsa untuk lepas dari kemiskinan, menghadapi perubahan iklim, dan mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Sementara itu, pandemi covid-19 yang melanda Indonesia sejak bulan Maret 2020 yang hingga saat ini melanda dunia, memperlihatkan sisi lain perjuangan perempuan di Indonesia dalam menghadapi penyebaran covid-19. Mulai dari membimbing keluarga saat berada di rumah, menjadi tulang punggung bagi keluarga hingga menjadi garda terdepan dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Peran ganda perempuan tangguh di Kementerian PUPR perlu dihadapi sebagai ibu yang harus memastikan dan seluruh anggota keluarganya tetap berada di rumah dan membuat suasana nyaman.